Bersatu Berkarya Bersama Craftalova Fabric Club

201703061242221

Banner dari beberapa sisterhood

Berawal dari saling mengagumi karya di dunia maya, kemudian bertemu di dunia nyata dan membuat karya bersama dengan penuh cerita. Inilah yang dialami sebagian besar peserta kopdar akbar Craftalova Fabric Club yang diselenggarakan di Banyumili, 25-26 Februari lalu. Semua bermula dari facebook grup yang dibentuk oleh Mbak Ayu Ovira dan diberi nama Craftalova. Sebuah grup komunitas pecinta kain yang membebaskan para anggotanya untuk share karya mereka dengan bahan-bahan dari kain. Setiap orang yang share karya di fb grup ini pasti banyak komentar dari anggota grup yang menyertainya, ada berupa kritik, saran maupun pujian kekaguman karya tersebut. Dari sinilah

kemudian tercetus ide untuk mempertemukan para anggota grup yang berdomisili di seluruh indonesia untuk bertemu dan langsung bertatap muka dengan pembuat karya-karya di fb grup. Tidak jarang anggota yang saling balas komentar namun belum pernah bertemu langsung.

Persiapan acara besar ini pun sudah dilakukan jauh-jauh hari, sejak bulan November dan memulai dengan pendataan anggota tiap sisterhood serta mencari beberapa sponsor untuk ikut memeriahkan acara ini. Pada awalnya, acara ini ditargetkan akan hadir 300 crafter dari beberapa penjuru daerah, namun ternyata antusias para anggota FB Grup CFC sendiri sangat besar hingga kuota ditambah menjadi 430 orang. Lokasi pun dicari yang cukup luas dan nyaman untuk mengadakan acara akbar ini. Dan terpilihlah Banyumili dengan lokasi yang sangat nyaman, luas, dan view yang cukup bagus. Para crafter pun tidak akan bosan karena banyak spot untuk diabadikan dalam foto. Hingga beberapa hari menjelang acara dimulai pun masih ada crafter yang ingin mendaftar, namun karena demi kenyamanan peserta yang akan hadir, sehingga panitia terpaksa menolak mereka.

20170306105034[1].jpg

20170306105157[1].jpg

Deretan doorprize

Persiapan menjelang hari H terlihat di sekretariat JARIC karena semua doorprize dan hadiah-hadiah dari sponsor acara dialamatkan di sana. Tas untuk souvenir/goodiebag acara kopdar akbar pun dibantu para Jaricer untuk dijahit menjadi sebuah tas tote. Sebanyak 430 tas dapat diselesaikan seminggu oleh Jaricers dengan pedoman tutorial yang dibagikan di FB Grup Jaric. Pengecekan barang-barang yang datang hingga packing-packing isian goodiebag dilakukan di sekretariat. Jaricer sendiri sangat antusias menyambut teman-teman crafter yang akan datang.

20170306104503[1].jpg

Para panitia inti kopdar akbar

Kopdar akbar CFC perdana ini dilakukan di Yogyakarta karena dikenal dengan kota budaya dan dikenal dengan produk-produk kreatif lainnya. Acara kopdar pun dibagi menjadi 2 hari, hari pertama yang dimulai dengan sharing ilmu dan berbagai acara workshop lainnya, dan hari kedua diisi dengan craft tour ke pusat kerajinan kulit di Manding. Beberapa tempat perbelanjaan bahan-bahan craftnya pun tidak luput dari kunjungan tersebut.

20170306104210[1].jpg

Kesibukan di bagian meja pendaftaran

Acara pertama difokuskan di Banyumili. Dimulai dari jam 10 dengan registrasi para peserta yang hadir. Selain mengisi absensi, peserta dapat berfoto di photobooth CFC. Selain photobooth, di area registrasi juga terdapat beberapa stand sponsor dan stand pemeran hasil karya para crafter. Acara hari pertama diisi dengan beberapa talkshow, demo mesin jahit dan game-game seru.

20170306104441[1].jpg

Stand karya dan para sponsor

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Mbak Ayu Ovira dan kesan pesan beliau mengenai Craftalova yang didirikannya. Penuh haru karena Mbak Ayu sendiri yang datang jauh-jauh dari Aceh, tidak menyangka grup yang ia buat bisa sebesar ini dan bisa mempersatukan orang-orang dari berbagai daerah. Bermula dari hobinnya menulis di blog mengenai jahit-menjahit, kemudian membentuk fb grup dan saat ini ia sedang menanti launcing buku yang ditulisnya.

Acara lainnya yakni diisi dengan sharing pengalaman dari Mbak Tunjung pemilik brand tas kulit ternama, Abekani dan ditemani sharing pengalaman crafter dari Mbak Melani dari pemilik brand Kaloka. Ada doorprize juga dari para narasumber untuk para peserta yang hadir. Di antara crafter sendiri ada Abekanian, para pecinta tas Abekani. Hal ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri karena Mbak Tunjung membagikan 3 produknya bagi peserta yang hadir saat itu.

20170306104733[1].jpg

Mbak Ayu Ovira (sebelah kiri) bersama Mbak Tunjung, Abekani (sebelah kanan)

201703061048261

Pemenang doorprize tas dari Abekani

Talkshow lainnya diisi oleh Mbak Umi Fidh dan Mbak Ayu Ovira yang telah menulis buku tetang membuat tas & dompet. Pada kesempatan ini para narasumber membagikan buku yang ditulisnya bagi beberapa peserta yang hadir.

20170306104124[1].jpg

Mbak Umi Fidh (sebelah kiri), Mbak Inen Kurnia (tengah), dan Mbak Ayu Ovira (sebelah kanan)

Narasumber lainnya dari situs Jejualan.com yakni Mbak Herlin. Sebagai crafter, kita juga perlu memasarkan produk kita. Disinilah Jejualan.com menawarkan kemudahan untuk para crafter untuk memasarkan produknya lebih luas lewat situs yang dapat mereka buat sesuai brand mereka atau ciri khas mereka sendiri. Talkshow dari Mbak Herlin pun dilanjutkan dengan demo mesin jahit oleh Pak Wawan dari Galeri Mesin Jahit. Yang menarik di sini adalah Pak Wawan menyumbangkan 3 buah mesin jahit Janome sebagai doorprize akbar acara ini.

20170306104528[1].jpg

Mbak Herlin dari Jejualan.com

20170306105249[1].jpg

Pak Wahyu dari Galeri Mesin Jahit (sebelah kiri) dan Mbak Mei Ketua Sisterhood JARIC (sebelah kanan)

20170306105022[1].jpg

Para pemenang mesin jahit dari Galeri Mesin Jahit

Selain sarat ilmu dari beberapa narasumber, acara hari pertama diisi dengan game yang akan mempererat silaturahmi antar peserta kopdar akbar ini. Para peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok dengan nama-nama peralatan jahit. Tiap kelompok terdiri dari beberapa anggota dari beberapa sisterhood sehingga diharapkan mereka akan menjadi teman-teman baru dan terjalin silaturahmi lebih luas.

201703061053091

Tim pemenang game kelompok

Hari kedua kopdar akbar, dimulai dengan tour the craft ke pusat kerajinan kulit di Manding. Dengan total 9 bis yang mengangkut peserta dari luar kota. Kemudian acara dilanjutkan ke daerah Malioboro. Peserta kemudian dibebaskan untuk jalan-jalan ke mana saja dan diharapkan kembali ke hotel tepa waktu untuk berkemas pulang.

201703061242381

Merchandise Kopdar Akbar CFC

Acara kopdar akbar pun selesai pada hari itu dengan penuh cerita dan keseruan. Semoga tahun depan dapat bertemu kembali, di acara yang sama atau mungkin di acara lainnya. Saling mengagumi karya di dunia maya, bertemu dan berkarya di dunia nyata, dan berbagi canda tawa di hari yang sama….sukses bagi para panita, sponsor, dan peserta yang hadir…

20170306105042[1].jpg

Pemenang mesin jahit dari Malikha, diserahkan oleh Mbak Yana dari tim redaksi CFC (sebelah kiri)

20170306104600[1].jpg

Jaricer

20170306104446[1].jpg

JtCC

20170306104156[1].jpg

BCC bersama Pak Manu, pemilik toko tekstil Ratu Busana

Photos by : Ganendra Photografie

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s